Asia, Asia Tenggara, Kuching, Malaysia, traveling

[3D2N] Weekend Trip Kuching : Jalan-Jalan, Makan-Makan, Main Main


Beberapa minggu yang lalu aku, si K, dan si abang suami weekendtrip lagi ke Kuching πŸ˜†

Padahal aku udah sering bilang ya, bahwa gak bakal mau ke Kuching lagi karena gak ada apa-apanya di sana. Tapi adanya AirAsia yang membuka rute Pontianak – Kuching dengan tiket yang luar biasa murah, serta kepraktisan ke Kuching yang hanya 30 menit perjalanan udara sangat sayang untuk dilewatkan kakak! Lagian, di Kuching ada tempat baru yang lagi ngehits yang aku belum pernah ngunjunginnya. Jadilah tanggal 16 – 18 Maret 2018 kemaren, kami cuss ke Kuching lagi :mrgreen:

Karena udah kelima kalinya ke Kuching, jadi trip kali ini aku maunya bener-bener liburan. Yang santai-santai, makan enak, dan ngajakin Katniss maen-maen yang gak ada di Pontianak. Dan ternyata liburan seperti itu menyenangkan loh! Berasa segar karena gak kepikiran itinerary yang belum diceklis, dan gak kecapean dengan jadwal yang padat merayap juga. Bolehlah kapan-kapan kita ke Kuching lagi, eksplore tempat beda lagi πŸ˜›

Jalan-Jalan

Ada tiga tempat yang mau aku datangin pada trip kali ini, Jembatan Darul Hana, pasar Kuching dan Taman Sahabat. Untuk pasar Kuching dan Taman Sahabat sebenarnya bukan tempat yang baru. Tapi, udah empat kali ke Kuching aku selalu menolak untuk ke Pasar Kuching karena malas jalan kaki πŸ˜› dan gak ada yang pernah ngajakin ke Taman Sahabat. Karena kemaren ke mana-mana kami gunakan grab, dan Pasar Kuching itu letaknya berseberangan dengan Jembatan Daruh Hana yang belum pernah aku datangi karena merupakan jembatan baru. Jadilah bisa nambah-nambah ceklis list tempat wisata di Kuching yang pernah didatangi :mrgreen:

Jembatan Darul Hana ini terletak di ujung dari waterfront Kota Kuching. Waterfront Kuching ini emang pusatnya pariwisata Kota Kuching. Di sinilah ada tempat wisata airnya yang kita bisa keliling Kota Kuching menggunakan kapal. Di daerah Waterfront ini juga ada patung Kuching yang terkenal banget sebagai objek foto-foto sah kalau udah jadi turis Kuching (aku gak foto di sini lagi tapinya). Kalau malem, waterfront ini disulap jadi tempat wisata kuliner dengan berbagai macam menu khas Serawak Malaysia.

Tahun lalu, saat aku jalan ke Kuching bersama ibu jembatan ini lagi dibangun. Beberapa bulan kemudian, lihat di Instagram temen-temen eh udah jadi aja jembatannya dan jadi tempat wisata yang ngehits di Kuching.

Jembatan ini menghubungkan antara waterfront di selatan Kuching dengan taman di Astana Serawak di Utaranya. Emang kalau kita naik ke atas, kelihatan banget pemandangan suasana Kota Kuchingnya. Sayangnya di atas jembatan yang ada dikasih fasilitas apa-apa. Misalnya tempat duduk, atau teropong, atau titik foto apa gitu di mana kalau foto di sana akan nampak pemandangan Kota Kuchingnya. Ya kosong aja gitu rasanya. Kalau dilihat dari modelnya seh jembatan ini seperti huruf S gitu, tapi aku gak tahu juga maksudnya apa, hahahahahaha.

Setelah selesai jalan di jembatan, kami langsung menuju ke Pasar Kuching buat oleh-oleh. Aku kira pertama kali pasar itu semacam pasar Central di KL yak. Ternyata beneran pasar yang terdiri dari ruko-ruko dipinggir jalan. Semua ada di jual di sini, mulai dari sayuran, ikan asin, baju, kue sampai souvenir.

Aku sendiri beli snack kemaren. Sebenarnya ada salah satu supermarket di Pontianak yang jual banyak snack dari Kuching ini. Tapi setiap ke sini ada aja yang nitip Milo Malaysia lah, kue apa lah, dan karena emang banyak waktu ya dibeliin aja. Sekalian biar akhirnya si irni pernah ke Pasar di Kuching πŸ˜›

Hari kedua sore harinya kita jalan ke Taman Sahabat. Sebenarnya pas mau ke sini akutuh gak ngeh juga taman sahabat isinya itu apaan. Kirain akan ada taman bunga gitu. Ternyata salah πŸ˜›

Gerbang taman sahabat ini seperti kelenteng gitu. Emang nuansanya Chinese seh ya, tapi isinya juga aku kurang paham *dipentung*

Masuk ke gerbangnya, kita bakalan ketemu sama bangunan yang ternyata adalah restoran gitu. Masuk lagi, kita akan menemukan kolam ikan yang gede banget, di mana kita bisa beli makanan ikannya di restoran tadi buat ngasih makan ikannya. Jalan terus kita bakalan dapet patung pahlawan gitu yang didepannya banyak beberpa relief sejarah (yang aku gak baca >.< )

Kalau untuk warga Kuching sendiri, taman sahabat ini digunakan untuk jogging pagi dan sore. Pas aku ke sana banyak banget yang lagi jogging atau hanya nongkrong-nongkrong dipinggir kolam. Kalau pertama kali ke Kuching gak direkomendasikan juga seh buat ke sini, hahahahaha πŸ˜›

Makan-Makan

Ada satu tempat makan yang kalau ke Kuching selalu kita datangi. Alasannya karena letaknya ada di dekat hotel kita, juga makanannya itu model prasmanan yang banyak pilihannya. Mulai dari sayur sop, capcay, kacang panjang, ikan, ayam, telur dadar dan banyak lagi. Namanya Restoran Nusantara.

Restoran ini ada beberapa cabangnya di Kuching, aku sendiri pernah makan di daerah Waterfront dan kemaren nyobain di iCom Square. Ternyata rasanya sama aja seh. Hahahaha. Rata-rata sekali makan di sini antara RM10 – RM 15 gitu untuk satu orang. Kalau kalian selera makannya selalu maunya cita rasa Indonesia kayak aku ini, restoran ini sangat rekomen deh untuk dicoba πŸ˜€

Malam pertama di Kuching kami makan di restoran bumbu cabe di iCom Square. Ini restoran nuansa Sunda gitu deh. Yang paling aku suka kemaren itu adalah sayur bayam krispi. Rasanya seperti kerupuk tapi sayuran. Tapi si K gak suka >.<

Kata si abang suami yang udah belasan kali ke Kuching, tempat sarapan paling ngehits di Kuching adalah Kopi O Corner. Dulu tempatnya sangat kecil kata si abang. Tapi sekarang udah gede seh sepenglihatan aku. Menunya khas Malaysia, tapi untuk lidah Pontianak aku ini, rasanya masih bisa dinikmatin lah. Kalau gak cocok bisa juga menikmati menu prasmanan yang ada nasi putihya. Yang paling terkenal adalah roti cane dagingnya (gambar kiri bawah) yang bahkan dulu bisa dibawa pulang ke Pontianak oleh si abang untuk oleh-oleh! Kemaren aku pesen mie sate, mie goreng, nasi lemak dan roti cane ini.

Malam terakhir, kami makan di restoran nasi kuning. Menunya ya cuma nasi kuning sama nasi uduk aja seh πŸ˜› Dan rasanya beneran persis dengan rasa nasi kuning di Indonesia. Kemaren sempet ngobrol sama pemilik warung ini karena dia seneng lihat si K yang banyak omong πŸ˜› Kebetulan yang punya adalah orang Jakarta dan suaminya orang Pontianak asli. Tapi mereka udah pindah kewarganegaraan seh, karena menurut mereka biaya pendidikan dan biaya hidup di Malaysia lebih murah daripada di Indonesia.

Main-Main

Selama tiga hari di Kuching, kami mengunjungi dua mall terbesar di sana. Ya apalagi kalau bukan karena buat ngajakin si K main ke Playgroundnya. Mall pertama yang kita kunjungi adalah Spring Mall. Kalau Spring Mall ini setiap ke Kuching pasti bakalan selalu kami kunjungi, ya selain buat nemenin si K main, juga sekalian buat beli make up emaknya yang gak dijual di Pontianak πŸ˜†

Di lantai dasarnya Spring Mall ini ada permainan kereta api yang muterin Mall gitu. Setiap ke Kuching, setiap ke Spring, setiap kali itu juga si K bakalan ngajakin naik kereta api ini. Padahal aku kira, kalau udah gedean gini anaknya bakalan gak mau lagi naeh πŸ˜€ Harganya perorang RM 5 baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Di Spring ini juga ada Playground namanya Kidz Paradise. Playground ini model seperti outbond gitu ada mandi bolanya, panjat-panjatan, seluncuran dan banyak deh. Pokoknya si K suka banget kalau ke sini πŸ˜€ Di belakang Kidz Paradise ini ada lagi tempat main yang seperti Amazon gitu. Udah selesai main di Paradise, eh anaknya minta main lagi di belakangnya. Emaknya tekor >.<

Ada satu lagi Mall baru di Kuching yang belum pernah aku datangi, namanya Viva City Mall. Tahun lalu sebenarnya udah buka, tapi gak sempat buat datangi. Jadi kemaren emangn niat mau ke sini karena kata si abang ada Playground juga yang katanya lumayan seru buat si K. Jadilah hari kedua kami ke Mall lagi dan ngajakin maen lagi.

Si K kesenangan banget dia selama jalan-jalan di Kuching ini. Karena isinya buat dia cuma main-main dan main aja. Tapi namanya liburan bawa anak, tetep emang niatnya senengin anak kan yak? πŸ™‚

Kalau mau lihat keseruan kami liburan ke Kuching kemaren, bisa nonton vlog aku loh. Kebetulan niat emang kemaren liburan untuk bisa buat vlog. Walaupun hasilnya biasa aja, cendrung kurang memuaskan πŸ˜› Tapi lumayan deh yak daripada udah niat tapi gak buat sama sekali, hahahaha

BUDGET

Hal yang paling banyak ditanyain orang-orang kalau kita selesai liburan, apalagi kalau bukan biayanya yak. Nah mumpung si Irni lagi rajin buat ngitung-ngitung pengeluaran selama liburan, neh tak kasih rincian biaya untuk 3 Hari 2 Malam di Kuching start from Pontianak ya πŸ™‚

Items Biaya
Tiket PP (untuk 3 orang) IDRΒ Β  1034100
Hotel (2 Malam) IDRΒ Β Β Β  339839
Transportasi (dengan Grab) IDRΒ Β Β Β  318000
Makan (6 Kali Makan untuk bertiga) IDRΒ Β Β Β  800000
TOTAL IDRΒ Β  2491939

Jadi, siapa yang mau ke Kuching lagi longweekend selanjutnya? :mrgreen:

Advertisements

22 thoughts on “[3D2N] Weekend Trip Kuching : Jalan-Jalan, Makan-Makan, Main Main”

  1. Itin kali ini emang sepertinya kurang menarik ya Nie hihihi tapi itu tiket dan hotelnya murce banget yak? jadi mupeng. Kids Paradise ini kayaknya hampir sama dengan Kidzoona, di mal2 Jakarta sedang menjamur Nie.

    1. Iya kak, tapi ternyata seru juga liburan santai santai gitu. Berasa bener bener refreshkan fikiran πŸ˜†

      Kidzoona juga pergi kak. Yang di Viva City Mall itu. Pas hari kedua 😁

  2. Wowowo… Biaya 2,5 jeti aja udah bisa buat liburan keluarga 3D2N di Kuching ya Kak. Boleh buat agenda liburan bareng keluarga kesana. Ma kasih buat infonya ya Kak.

  3. Kalo di Pontianak, rasanya ga main ke Kuching kurang ya mba πŸ™‚ Waktu aku kecil di sana ada bisnya gitu perjalanan semalam sampai Kuching.

    1. Aku mau ke Kota Kinabalu aja gak terealisasi terus mbak >.<

      Tapi kalau kami biasanya liburan maunya yang modern. Yang alam belum pengen, hehehehe

  4. Aku juga suka liburan yang model begitu Niee sekarang, itinerary-nya nggak terlalu padat supaya nggak bikin stress, hahaha πŸ˜† .

    Itu restoran Sundanya rasanya kayak makanan Sunda beneran Niee? Hahaha πŸ˜›

    1. Iya ya ko, menyenangkan emang 😁

      Rasanya lumayan deh ko. Kalau dibilang mirip seh ya gak lah. 🀣 Tapi di Pontianak juga gak ada restoran sunda yang mirip banget seh rasanya. Jadi udah terbiasa. hahahahaha

  5. murah banget tiket PPnya ya mbak, sejutaan utk 3 orang pula. aih, kalau di kalimantan emang dekat banget sama Malaysia ya. jadinya kaya ke kampung sebelah aja. btw, aku sekarang pun kalau liburan ya menikmati leburan aja juga. enggak mau diribetkan dengan tetekbengek enggak jelas lainnya

    1. Iya mbak. Udah samaan dengan harga naik bis ini πŸ˜‚

      Iya, ke Malaysia dari Pontianak jauh lebih murah daripada ke Jakarta. Jadi mainnya lebih β€œdekat” ke Malaysia di sini.

  6. mbaaaaak.. aku lagi ada rencana buat explore malaysia bagian timur dan brunei mungkin buat akhir taun, tapi pengen lewat pontianak karna belum pernah ke kalimantan sebelumnya. seru banget. aku pantengin ah, liat2 kira2 ada apa aja yang seru di pontianak sekalian. hihi. thank you for sharing ya mbak! πŸ˜€

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s